Kampung KB merupakan salah satu program kerja di era pemerintahan Presiden Ir. Joko Widodo. Kampung KB adalah wujud inovasi strategis di bidang pemberdayakan masyarakat yang bertujuan untuk menekan angka kelahiran yang tiap tahun mengalami peningkatan. Maksud dari dicanangkannya Kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, seperti yang tercantum dalam Nawacita agenda prioritas kelima. Selain itu, Kampung KB merupakan upaya mewujudkan cita-cita pembangunan Indonesia yang tercantum dalam Nawacita prioritas ketiga, yaitu “Memulai pembangunan dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka kesatuan”.

Program yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo sejak tahun 2016 ini mulai diterapkan diberbagai wilayah di Indonesia. Salah satu wilayah yang mencanangkan Kampung KB yaitu Dukuh Karangasem, Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan Pencanangan Kampung KB di Dk Karangasem dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2017 pukul 19.00. Kegiatan Pencanangan Kampung KB di Dk Karangasem dilaksanakan dengan cukup meriah bernuansakan warna merah. Terdapat serangkaian acara pada malam itu, diantaranya Penampilan Paduan Suara, Pementasan Drama, dan  Penampilan Live Music dari Bintang Putra.

Penampilan Drama Musikal tentang Keluarga Berencana oleh Karang Taruna Ds Gumpang dalam Rangka Pencanangan Kampung KB di Dk Karangasem Ds Gumpang, Kec Kartasura ditandai dengan pemukulan gong, Rabu (18/10) malam.

Acara Pencanangan Kampung KB di Dk Karangasem, Ds Gumpang, Kec Kartasura, Kab Sukoharjo dihadiri oleh Bupati Sukoharjo H Wardoyo Wijaya, SH, MH, Kepala Biro Keuangan dan Pengolahan Barang Milik Negara (BKKBN), Ibu Sri Rahayu beserta rombongan.

Bupati Sukoharjo, H Wardoyo Wijaya, SH, MH menandatangani Prasasti Kampung KB di Dk Karangasem Ds Gumpang, Kec Kartasura ditandai dengan pemukulan gong, Rabu (18/10) malam.

 

Bupati Sukoharjo, H Wardoyo Wijaya, SH, MH menyerahkan SK Kampung KB kepada Kepala Desa Gumpang, Bp Dwi Nuryanto, A Md  di Dk Karangasem Ds Gumpang, Kec Kartasura ditandai dengan pemukulan gong, Rabu (18/10) malam.

 

Bupati Sukoharjo, H Wardoyo Wijaya, SH, MH didampingi Kepala BKKBN Ibu Sri Rajayu mengesahkan pencanangan Kampung KB di Dk Karangasem Ds Gumpang, Kec Kartasura ditandai dengan pemukulan gong, Rabu (18/10) malam.

 

Kehadiran Pejabat Kabupaten dan Pusat di Dk Karangasem merupakan apresiasi dan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Sukoharjo terhadap Pencanangan Kampung KB.

“Kabupaten Sukoharjo memiliki komitmen yang tinggi dalam pelaksanaan program Kampung KB dan menjadi percontohan nasional, sehingga mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.” Ujar Kepala BKKBN Jawa Tengah, Ibu Sri Rahayu di Dk Karangasem, Ds Gumpang, Kec Kartasura, Rabu (18/10/2017).

Ibu Sri Rahayu mengatakan, program Kampung KB menjadi fokus perhatian BKKBN demi membangun kualitas masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Kampung KB. Masyarakat di Wilayah Kampung KB akan mencapatkan penyuluhan tentang batas usia pernikahan, perencanaan program KB pasca-menikah, dan penyuluhan jenis-jenis kontrasepsi yang aman.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Bp. H Wardoyo Wijaya SH, MH menuturkan, bentuk aspresiasi dari pemerintah pusat terhadap program KB di Kabupaten Sukoharjo berupa pemberian kompensasi bagi peserta KB MOP (Metode Operasi Pria) sebesar Rp. 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah) per orang. Nilai kompensasi tersebut tertinggi di Jawa Tengah.

“Terima kasih kepada semua pihak dan Desa Gumpang yang sudah melaksanakan Pencanangan Kampung KB di wilayahnya. Semoga Pencangan Kampung KB ini tidak hanya sampai di pencanangan saja tetapi juga bisa terus berkomitmen dan melaksanakan segala program KB-nya.“ ujar Bp. H Wardoyo Wijaya SH, MH.

Serangkaian acara Pencanangan kampung KB di Dk Karangasem, Ds Gumpang, Kec Kartasura, Kab Sukoharjo berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. (adm)