Hari Sumpah Pemuda merupakan sejarah kebangkitan para pemuda Indonesia yang jatuh pada 27-28 Oktober 1928. Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum pengikraran sumpah para pemuda Indonesia untuk bersama-sama mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam rangka memeringati Hari Sumpah Pemuda, Desa Gumpang mengadakan jalan sehat bersama warga Kadus I. Acara jalan sehat diikuti lebih dari 1000 warga masyarakat dari 2 RW dan 20 RT di Kabayanan 1 dan ditambah beberapa tamu undangan.

Setelah senam bersama, Warga Masyarakat Kadus I bersiap-siap melaksanakan jalan sehat, Minggu(29/10) pagi.

Acara Jalan sehat diikuti dari segala kalangan usia mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga para lansia. Kegiatan tersebut dimulai pukul 06.30 dan bertitik kumpul di area SDN Gumpang 2. Sebelum acara jalan sehat dimulai, terlebih dulu diawali dengan senam bersama. Rute jalan sehat tersebut melewati area sekitar persawahan. Acara jalan sehat tersebut sekaligus sebagai wujud silaturahim antarwarga masyarakat dengan pemerintah Desa Gumpang. Selain itu, sebagai pengenalan kepada masyarakat dengan area jalan yang dilalui, yaitu jalan aspal yang sebelumnya adalah jalan tanah persawahan. Jalan baru tersebut diharapkan mampu menjadi jalan alternatif penghubung antarkampung.

Warga berjalan melewati jalan persawahan yang telah diaspal, Minggu (29/10) pagi.

Serangkaian kegiatan jalan sehat di Kabayanan I dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda berlangsung dengan aman dan cukup meriah karena diakhiri dengan pembagian doorprize dan diisi dengan hiburan.

Kepala Desa Gumpang, Bapak Dwi Nuryanto, A Md memberikan hadiah utama kepada warga Kadus I yang beruntung mendapatkan doorprize berupa sepeda. Minggu (29/10) pagi.